Cara terbaru
cara terbaru, tutorial, tips,komputer, service, gadged, handphone, internet, pulsa, bisnis, trading, forex,
Wednesday 9 August 2017

Flashdisk OTG Merk Samsung tidak terbaca di komputer

Flashdisk OTG Merk Samsung tidak terbaca di komputer ini adalah trouble yang dihadapi klien saya, beberapa hari yang lalu dia mengeluhkan flashdisk merk samsung yang baru dia beli tidak terbaca di komputernya padahal baru beli dan baru dipakai beberapa hari, karena baru beli saya sarankan dia untuk mengembalikan saja flashdisknya ke tokonya, tapi dia gak mau karena nota pembeliannya sudah hilang entah kemana, ya udah akhirnya dia pasrah minta tolong di utak atik barang kali masih bisa dipakai. bentuk flashdisk nya seperti ini,



Sebelumnya saya sudah beberapa kali menerima keluhan yang sama mengenai flashdisk yang tidak terbaca di komputer dengan berbagai merk, dan sebagian bisa dibetulkan dan sebagian lagi memang sudah rusak dan waktunya dibuang, untuk permasalahan yang satu ini kondisinya adalah, flashdisk bisa terdeteksi di komputer waktu di colokkan ke port usb ada bunyi berarti flashdisknya terdeteksi oleh komputer, masalahnya flashdisk tidak muncul di explorer. Mungkin jika anda mengalami permasalahan yang sama anda juga bisa mempraktekkan cara ini, tapi resiko ditanggung sendiri ya he he he, Do with your own risk.

Nah untuk memastikan apakah flasdisknya benar-benar terdeteksi di komputer kita periksa dulu melalui system management, caranya Buka Control Penel kemudian pilih Administratif tool



Kemudian setelah muncul Jendela administratif tool, pilihlah Computer Management, Doble Click ya untuk membukanya, Kemudian pilih Storage Kemudian Disk Management

Di Jendela Disk Management, Periksa disana apakah Flashdisk anda ada disana dengan warna Hitam berarti Flashdisk anda terdeteksi namun isinya tidak bisa dibaca.


Langkah pertama Coba klik kanan di bagian kotak flashdisk anda kemudian pilih menu format, Berhasil ? ya sudah klo berhasil anda tidak perlu repot-repot mengikuti langkah berikutnya, Jika tidak berhasil atau menu format tidak aktif, berarti anda perlu mencoba langkah berikutnya.

Jika langkah diatas tidak berhasil kemungkinan flashdisk anda perlu di flash ulang, nah bagaimana cara flasingnya ? Di contoh ini saya menggunakan Flashdisk dengan merk samsung diatas, pertama anda perlu mendownload program Chip Genius Program ini digunakan untuk melihat VID dan PID dari flashdisk anda VID dan PID inilah yang akan digunakan untuk mencari software atau firmware dari flashdisk anda sehingga bisa di flash ulang. untuk Program Chip Genius sendiri seliahkan cari di google banyak kok linknya, cari yang versi terbaru.

Dalam kondisi flashdisk tertancap di komputer, bukalah program Chip genius yang sudah didownload tadi dan cari VID dan PID flashdisk anda. Sebenarnya tidak hanya PID dan VID saja yang penting, data yang lain juga penting terkadang VID dan PID nya tidak cocok sehingga anda perlu menggunakan data yang lain seperti controller vendor dan yang lainnya untuk mencari firmware flashdisk anda.




Seperti Kasus saya dengan Flashdisk Merk Samsung ini, VID dan PID tidak terlalu membantu, karena semua firmware yang saya download berdasarkan PID dan VID tidak cocok dengan flashdisk jadi tidak bisa digunakan, Akhirnya saya bisa menemukan Firmware berdasarkan data Controller Vendor dengan kerja keras keliling google.

Oke Jika anda sudah menemukan VID dan PID dari flashdisk anda, Ada dua cara, Pertama Gunakan Google dengan keyword VID /PID anda seperti "USB Device ID : VID = 123 PID= 123" atau sesuai kreatifitas anda he he he, dan selamat googling, cara kedua anda bisa menggunakan layanan dari website berbahasa Rusia http://flashboot.ru karena berbahasa rusia maka anda perlu google translate untuk menterjemahkannya atau gunakan link ini untuk halaman yang sudah diterjemahkan https://goo.gl/L8j45n atau website http://www.usbdev.ru/files/ masukkan VID dan PID nya disana


Kemudian Download, mungkin anda perlu mendownload lebih dari satu karena terkadang VID dan PID sama tetapi merknya beda jadi harus dicoba satu-satu, apakah aman untuk flashdisk ? ya saya sampai saat ini belum pernah mengalami flashdisk rusak karena proses ini, tetapi tentu saja bisa berbeda-beda untuk orang lain jadi do with your own risk, perlu di ingat, firmware yang disediakan disini bisa jadi bukan firmware asli dari vendornya, ada beberapa permasalahan yang terkadang di alami seperti, setelah flasing kapasitas flashdisk tidak sama dengan sebelumnya, atau Flashdisknya berubah VID PID nya, Jadi teliti dulu sebelum mendownload firmwarenya.

Kembali untuk kasus saya dengan flashdisk samsung ini, kebetulan VID dan PID tidak terlalu membantu jadi saya gunakan controller Vendor, dari situ saya saya ketahui jika controoler nya adalah Alcor Micro, maka saya cari firmwarenya di http://www.usbdev.ru/databases/ kemudian download dan flash ulang dan selesai.

Demikian sharing tentang Flashdisk OTG Merk Samsung tidak terbaca di komputer dan bisa juga untuk flashdisk merk yang lain. Selamat mencoba




0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer
© Cara Baru | Powered By Blogger