Cara terbaru
cara terbaru, tutorial, tips,komputer, service, gadged, handphone, internet, pulsa, bisnis, trading, forex,
Sunday 7 August 2016

Cara mengatasi pureit bau klorin atau kaporit



Cara mengatasi pureit bau klorin atau kaporit, pengguna pureit yang masih baru pertama kali menggunakannya sering kali mengeluh karena air hasil purifikasi dari purit menyisahkan bau kaporit atau klorin dan memang hal ini sangat mengganggu.

Saya sendiri beberapa minggu yang lalu memutuskan untuk membeli pureit karena harga air galon yang semakin mahal, di rumah saya ada 3 manusia yang minum yaitu saya, istri dan anak saya satu orang. Satu galon air minum hanya bertahan satu setengah hari saja atau maksimal 2 hari kalo lagi musim hujan, dan setelah dihitung-hitung biaya untuk membeli air galon ini semakin berat saja, bayangkan saja di tempat saya harga satu galon air bermerk terkenal itu seharga Rp.15.000,- nah klo dalam satu minggu habis 3 - 4 galon maka biaya untuk pembelian air galon adalah Rp.45.000,- s/d Rp.60.000 untuk satu minggu kalo satu bulan total bisa sampai Rp.135.000,- s/d Rp. 180.000,-. nah klo dikalikan satu tahun maka totalnya sungguh warbyazah yaitu sekitar Rp. 1.600.000,- s/d Rp. 2.160.000,- wow coba dihitung sendiri deh barangkali hitungan saya keliru he he he.

Jumlah duit segitu bagi saya lumayan besar apalagi hanya untuk minum saja, sementara untuk memasak masih harus beli lagi air isi ulang, jadi intinya harga air minum semakin mahal, dalam satu atau dua tahun lagi kemungkinan harga air galon bermerek juga akan naik lagi, saya masih ingat dulu waktu pertama kali pake air galon harganya masih Rp. 10.000,- dan sekarang sudah Rp.15.000,- dalam jangka waktu sekian tahun harganya naik 50% warbyazah.

 Akhirnya diputuskan beli pureit, karena duit sedang pas-pasan maklum sehabis lebaran, akhirnya pilihan jatuh pada pureit classic, belinya di Giant dan harganya Rp.649.900,- harga yang ganjil  karena waktu bayar di kasir gak dikasih kembalian dan kasirya bilang harganya Rp.650.000,- lha kok... okelah ikhlasin aja uang Rp.100 nya mungkin supermarketnya gak punya uang kecil buat kembalian, he he .

Setelah dipasang dirumah, sesuai buku petunjuk saya buang air hasil filter pertama dan kedua, dan setelah itu baru saya tes meminumnya dan ternyata airnya bau klorin sangat menyengat, bahkan anak saya sampe sakit perut dan batuk setelah mencoba air nya, padahal saya pake bahan baku air isi ulang yang nota bene bisa diminum langsung, bukan air sumur, pikiran saya, mungkin baru pertama di pakai jadi saya pikir normal-normal saja, kemudian dihari kedua bau dan rasannya masih sama, seperti ada klorinnya, dan hari ketiga pun sama, akhirnya pada hari kempat saya mulai terganggu dan saya mulai mencari informasi di internet, saya baca ternyata banyak juga yang mengalami hal serupa dan sepertinya belum ada solusi yang jitu. waduh gimana ini klo begini terus saya gak mau minum air dari pureit, sampe mau saya jual lagi pureit saya buat beli air galon ha ha ha.....

Oke sebelum saya jual saya putuskan mencoba cara saya, yaitu cara yang saya dapatkan setelah meditasi di tengah sawah, dan konsultasi dengan tetangga saya penjual air isi ulang yang sukses, begini cara saya untuk mengatasi pureit bau klorin :

  1. Bongkar semua bagian pureit, semuanya jangan ada yang tersisa, pokoknya klo ada bagian yang bisa dilepas maka lepaskan saja.
  2. Cuci semua bagian itu sampai bersih, kebetulan saya pake air isi ulang untuk mencucinya, pokoknya cuci sampai bersih sampai tidak ada bau plastik. jangan pake sabun nyucinya, klo punya tissu buat galon lebih baik lagi tuh, setelah dicuci lap pake tissu galon tadi, atau pake tissu basah juga bisa, tapi tissu basah yang tidak ada baunya.
  3. Setelah di cuci keringkan, dan setelah kering pasang kembali, jangan ada yang lupa, memasangnya juga harus pas jangan ada bagian yang tidak pas atau miring atau kurang kencang. baca buku petunjuknya, semua harus pas dan kencang, tapi hati2 jangan terlalu kencang ntar malah rusak.
  4. Kemudian setelah semua siap, masukkan air di bagian atas pureit, isi sampai penuh- benar-benar penuh, tunggu semua turun kebawah, klo bagian bawah sudah penuh keluarkan airnya dan buang,
  5. Ulangi lagi, isi bagian atas sampai penuh dan buang, ulangi langkah ini sampai 5 kali, iya saya sampai harus beli 3 galon air isi ulang. klo anda rasa masih kurang bisa anda ulangi sesuai selera, he he he, cara ini istilah kerennya adalah Flushing 
  6. Akhirnya air dari purit saya tidak berbau klorin dan rasanya memang segar, dan tidak jadi dijual lagi pureitnya.
Itulah cara saya mengatasi pureit bau klorin, dan berhasil untuk saya anda boleh juga mencobanya siapa tahu berhasil juga seperti saya, cuman ya itu harus beli air isi ulang lumayan banyak pada waktu awal-awalnya. ya gak apa-apa karena harga air isi ulang cuman Rp.2500 di tempat saya. Bisa ngutang lagi bayarnya akhir bulan he he he...

Sediikit Saran, jika anda sudah melakukan segala cara tetapi air dari pureit anda masih saja berbau klorin, maka ada baiknya anda menghubungi CS dari pure it, mungkin produk anda cacat produksi atau ada bagian dari filternya yang rusak bawaan dari pabriknya, misalnya saringan karbonnya rontok atau ada pecah atau retak di bagian tertentu, sehingga anda bisa mendapatkan penggantian.

Update : Hasil pemakaian pure it setelah 6 bulan
Update : Pemakaian Pureit setelah 1 tahun




3 comments:

  1. Airnya ttp aman gk gan kalo bau gtu, soalnya punya sy jg berbau

    ReplyDelete
  2. Lah, bukannya Aer nya bisa diputer ya, kalau buat ngrbilash pure it,,, jadi kaga usah bolak balik nyari aer,,, itu itu lagi yg disaring,,,✌️

    ReplyDelete

 
Toggle Footer
© Cara Baru | Powered By Blogger