Cara terbaru
cara terbaru, tutorial, tips,komputer, service, gadged, handphone, internet, pulsa, bisnis, trading, forex,
Sunday 29 April 2018

Membuat Blower sendiri untuk dapur

Membuat Blower sendiri untuk dapur berbekal kipas exhaust mini dan box yang terbuat dari triplek sangat efektif untuk mengurangi asap dari dapur sehingga bisa mengurangi kepengapan udara di dapur dan di rumah kita. Kondisi rumah saya memang sangat tertutup maklumlah rumah minimalis dengan luas yang sangat minim sekali, Kondisi ini membuat kondisi udara dirumah harus benar-benar diperhatikan, Karena asap yang keluar dari kompor pada waktu memasak sangat mengganggu, Selain baunya yang bisa menempel di pakaian, terutama jika sedang memasak ikan Asin atau sambel terasi, juga sangat panas sekali rasanya rumah terasa pengap.

Untuk Mensiasati hal ini Saya berfikir untuk membuat blower sendiri, Kenapa tidak beli saja blower yang sudah jadi ? ya karena beberapa faktor, pertama harganya lumayan mahal, kedua, kondisi dapur tidak memungkinkan untuk dipasangi blower yang sudah jadi, untuk memasang blower yang dijual di toko elektronik saya harus melubangi tembok dapur, karena ukuran blower nya yang besar, hal ini tidak memungkinkan karena dapur langsung berbatasan dengan tembok tetangga, hanya ada celah kecil untuk lubang angin saja. Karena itu saya berfikir untuk memanfaatkan lubang ini saja daripada bikin lubang baru ditembok, jadi lebih mudah dan murah tidak perlu merusak rumah.

Oke hal terpenting untuk Membuat Blower sendiri untuk dapur adalah Kipas tentunya, Kipas disini saya menggunakan Kipas kecil yang biasa dipakai untuk alat-alat elektronik, Tapi bedanya adalah kipas ini langsung bisa dicolokkan ke listrik karena menggunakan arus AC, jadi gak ribet lagi memikirkan power supply dan bisa lebih ringkas. Bentuknya seperti gambar dibawah :




Kipas ini mempunyai ukuran 12 x 12 x 4 cm tidak terlalu besar, bisa di colokkan langsung ke colokan listrik karena manggunakan arus AC bukan DC, menurut yang jualan daya yang dibutuhkan untuk bekerja sekitar 30Watt, bodinya terbuat dari besi jadi lumayan berat juga meskipun Kecil, harganya sekitar 50 ribu saya beli online, dan yang paling penting adalah, putaran baling-balingnya lumayan besar saya tidak tahu secara teknis berapa RPM nya tapi klo saya dekatkan tangan ke kipas berasa banget anginnya. Ukuran dapur saya sekitar 2 x 5 M klo menurut saya satu kipas saja sebenarnya sudah cukup, tapi agar lebih mantab maka saya pasang 2 kipas.

Kemudian Selain Kipas tentu saja Box nya untuk mengarahkan angin agar bisa keluar dari lubang angin yang kecil, saya membuat box ini dari triplex setebal 3 mm, dengan rangka kayu, Ukurannya terserah saja bisa didesain sesuka hati yang penting Pas he he he, untuk saya ukuran box sekitar 30 cm karena untuk kedua kipasnya saja sekitas 25 cm Sedangkan luas lubang angin saya sekitar 18 cm jadi bentuk boxnya agak sedikit mengecil dibagian yang dekat lubang angin.



Untuk masalah efektifitas, yang saya rasakan cukup efektif bisa mengurangi asap dari dapur sebesar 95% klo menurut saya, mungkin karena ukuran dapur saya yang kecil ya. Blowernya Saya letakkan tepat diatas Kompor, karena lubang anginnya tepat berada di atas kompor berjarak sekitar 2 meteran diatas kompor, Sebenarnya lebih efektif klo kipasnya diletakkan dibawah Box dengan posisi ini kipas langsung berhadapan dengan kompor, namun kelamahannya adalah kipas menjadi cepat kotor dan berminyak, kemungkinan juga cepat rusak karena kepanasan. Dengan pertimbangan ini maka saya letakkan kipas disamping box, Sebenarnya di bagian yang menempel di lubang angin saya beri kisi-kisi dari triplek agar jika hujan kipas bisa terlindung dari percikan air hujan yang terkadang masuk dari lubang angin tersebut.

Suaranya tidak terlalu berisik cuman ada susara seperti udara di tiup kedalam kotak, he he he.  Bentuknya juga lucu seperti speaker aja.



Oke Demikian sharing mengenai Membuat Blower sendiri untuk dapur semoga bermanfaat untuk anda.




0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer
© Cara Baru | Powered By Blogger