Cara terbaru
cara terbaru, tutorial, tips,komputer, service, gadged, handphone, internet, pulsa, bisnis, trading, forex,
Tuesday 29 August 2017

Mengganti Batre Tablet Treq Basic call 7

Mengganti Batre Tablet Treq Basic call 7 bisa dilakukan sendiri tanpa pergi ke teknisi tapi anda juga harus tahu resikonya, Jika anda merasa belum yakin sebaiknya dibawa saja ke teknisi, tetapi jika anda merasa yakin bisa melakukannya sendiri maka sebenarnya bisa anda lakukan sendiri karena tidak terlalu susah, yang terpenting harus hati-hati saja, hitung-hitung nambah pengalaman saja.

Beberapa hari yang lalu saya membeli Tablet merk Treq Basic call 7 sebenarnya ini produk lama karena sudah diskontinyu alias tidak diproduksi lagi, di website resminya juga sudah di beri keterangan Discontinued, memang treq basic call 7 dirilis pertama kali sekitar tahun 2013 cukup lama, masih memakai sistem operasi android 4.0 Ice cream sandwich. spek lainnya silahkan dicari sendiri ya, saya gak bahas spek tablet ini he he he.

Saya tertarik membelinya karena harga yang ditawarkan lumayan murah, saya beli online. Harga yang murah dan kata yang jual ini barangnya Baru bukan barang seken, ya sudah saya akhirnya saya beli untuk mengganti smartphone anak saya yang rusak dan merengek terus karena tidak bisa main game. Sebenarnya saya tertarik dengan merk lain haraganya selisih tidak terlalu banyak tapi dengan spek yang lebih baik dari yang ini. Tapi akhirnya pilihan jatuh ke merk ini, dengan segala resikonya akhirnya saya beli. Sebelum barang datang saya sudah merasakan perasaan yang tidak enak mengenai barang ini, terlebih lagi setelah membaca review dari pembeli lain, tapi gimana sudah terlanjur transfer, akhirnya pasrah saja sampai barangnya datang, perasaan saya masih kurang puas, pertama karena seller bilang ini barang baru padahal segelnya sudah rusak, memang plastik pembungkusnya masih lengkap tapi ini gak ada kartu garansi yang seharusnya ada di dalam boxnya, tapi ini gak ada kartu gransinya waduh ..

Pemakaian satu - dua hari tidak ada masalah, sebenarnya kinerja tablet ini sih cukup baik, tapi setelah sekitar 1 minggu baru terasa ada yang tidak beres dengan tablet ini, batre cepet panas, padahal tidak digunakan untuk membuka aplikasi yang berat hanya digunakan untuk membuka whatsapp saja, karena saya belum sempat instal aplikasi apapun di tablet ini, lalu setelah itu batre cepet habis, ketika di charge cepet penuh tapi ketika digunakan tiba-tiba mati sendiri, saya tidak pernah menggunakan tablet ketika sedang di charge, karena sudah tahu akibatnya seperti apa, tapi ini kan baru, ah.....

Setelah beberapa hari ehhh...... ternyata tutup belakang agak terdorong dan sedikit terbuka, ah.. keyakinan saya akhirnya terbukti ternyata batrenya kembung, ya sudah... komplain ke seller malah disuruh garansikan ke service centernya, saya gak mau mending saya bongkar sendiri toh dari awal tidak ada kartu garansinya dan pasti lama prosesnya. dan saya harus bayar juga.

ini gambar batre nya :

Ya sudah akhirnya saya putuskan untuk Mengganti Batre Tablet Treq Basic call 7 sendiri tanpa perlu datang ke teknisi, dengan alat seadanya, pertama saya harus beli dulu batre baru sebagai ganti batre yang kembung ini, saya beli online juga, sebagai bahan percobaan saya cari batre yang harganya lebih murah meskipun merknya beda tetapi ukurannya sama dan voltasenya serta kapasitasnya sama, kebanyakan batre tablet bisa dipakai di merek apa saja selama ukurannya pas dan biasanya voltase dan kapasitasnya juga sama, jadi tidak harus menggunakan yang merknya sama dengan tabletnya, kecuali jika memang tersedia maka lebih baik gunakan yang merknya sama, tetapi jika susah maka bisa saja memakai merk yang berbeda.

Alat yang dibutuhkan untuk Mengganti Batre Tablet Treq Basic call 7, kartu perdana bekas, gunting, korek api, isolasi ( saya gunakan plester hansaplas karena lebih melekat daripada isolasi plastik), dobel tape, penggaris, oke alat sudah siap semua, pertama lepaskan dulu Sim card dan memori jika ada, kemudian untuk membuka tutup belakang gunakan kartu perdana bekas, cari posisi yang pas untuk memulai mencungkil tutupnya, biasanya bagian yang terdapat di lobang sim card atau memori lebih mudah, tapi anda juga bisa mencoba di bagian lain, cari saja yang lebih mudah, jika masih susah maka tipiskan sedikit kartu perdana bekas yang digunakan untuk mencungkil tadi agar lebih mudah.


Batre tablet biasanya ada perekatnya yang digunakan untuk menempelkan batre di bagian belakang LCD, angkat batre dengan hati jangan sampe solderannya lepas, atau lcdnya tertekan dan pecah, anda bisa manggunakan penggaris untuk membantu mengangkat batre dari perekatnya,


Nah anda akan melihat 2 buah kabel yang berwarna merah dan hitam, karena saya tidak punya solder maka saya tidak melepaskan solderan kabel yang tertanam di board tablet tetapi saya memotong kabelnya sehingga menyisakan kabel yang agak panjang karena saya berencana untuk menyambungnya saja tanpa perlu menyodernya lebih mudah kan.


Jika sudah di gunting untuk menyambungnya anda perlu mengupas terlebih dahulu karet penutup kabel yang ada di tablet dan yang ada di batre agar bisa disambungkan, saya menggunakan korek api untuk mengupas karet kabelnya dengan cara dipanasi sampai kabelnya terkelupas, anda juga bisa menggunakan gunting, saya memilih korek api karena serat kabelnya aman tidak akan ada yang terpotong, jika menggunakan gunting biasanya serat kabel ada yang terpotong, setelah itu baru sambungkan kabelnya, menyambungnya usahakan serapi mungkin, saya gunakan plester hansaplas untuk menutup sambungan kabel agar tidak menempel ke kutup yang lain sehingga batre tetep aman, menurut saya plester ini lebih kuat merekatnya daripada isolasi plastik yang dijual di toko elektronik, kabel merah disambung dengan kabel merah dan kabel hitam disambung dengan kabel hitam jangan sampai kebalik. Setelah itu tempelkan di tempatnya dengan manggunakan dobel tape.

Demikian pengalaman Mengganti Batre Tablet Treq Basic call 7 sendiri tanpa pergi ke teknisi, tentu saja jika anda mencoba cara ini resiko berada di tangan anda, jadi harus berhati-hati.




0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer
© Cara Baru | Powered By Blogger