Cara terbaru
cara terbaru, tutorial, tips,komputer, service, gadged, handphone, internet, pulsa, bisnis, trading, forex,
Wednesday 13 September 2017

Kenapa Hardisk eksternal mudah Rusak

Banyak Sekali yang mengeluhkan Kenapa Hardisk eksternal mudah Rusak ? mungkin anda sendiri mengalaminya ? Sebenarnya kualitas hardisk eksternal tergantung dari banyak faktor, baik kualitas hardisk itu sendiri, typenya, mereknya, Sistem operasinya atau faktor cara penggunaan hardisk eksternal yang tidak aman.


Data yang terdapat di dalam Hardisk merupakan aset berharga yang lebih penting dari pada nilai hardisk itu sendiri, jika hardisk yang dipergunakan untuk menyimpan data tersebut mengalami kerusakan sudah pasti data yang terdapat didalamnya tidak akan selamat, Jika ini yang terjadi maka bersiap-siaplah untuk meratapi hilangnya data-data penting anda.

Kebanyakan orang sering salah dalam menggunakan hardisk eksternal, sehingga mengakibatkan kerusakan pada alat tersebut, Jika anda merasa yakin dengan kualitas hardisk anda karena anda menggunakan merk terkenal tetapi masih juga mengalami kerusakan, maka barang kali anda perlu memperhatikan faktor-faktor berikut ini.

Pertama yang harus anda sadari adalah Hardisk eksternal bukanlah Flashdisk, kedua device ini sangat berbeda secara teknis meskipun sama-sama berfungsi untuk menyimpan data, kebanyakan orang mengganggap hardisk eksternal sama dengan flasdisk, tinggal tancap - cabut sana-sini, perilaku semacam ini menyebabkan usia hardisk eksternal semakin pendek.

Hardisk eksternal biasanya masih berbentuk piringan magnetik, meskipun sekarang sudah ada juga yang berupa SSD (Solid State Disk ), piringan magnetik sangat rawan terhadap benturan, selain itu memerlukan pasokan daya yang stabil, daya untuk hardisk eksternal biasanya diambil dari port USB komputer, Jika Port USB tersebut tidak bagus maka pasokan daya menjadi tidak stabil, jika sering dalam kondisi semacam ini maka hardisk eksternal akan mengalami bad sector yang lama-kelamaan akan merusak piringan magnetik tersebut.

Kedua jika anda menggunakan hardisk ekternal secara terus menerus tertancap pada komputer maka ada kemungkinan akan membuatnya cepat rusak, kenapa demikian ? hardisk eksternal biasanya menggunakan kabel konektor berubah mini atau micro USB jika di tancapkan terus-menerus dalam jangka waktu yang lama port atau kabel tersebut akan panas dan kualitas nya akan menurun, hal ini bisa menyebabkan pasokan daya untuk hardisk terganggu sehingga menjadi tidak stabil.

Ketiga, sering gonta-ganti komputer. Hardisk eksternal yang sering di tancapkan di komputer-komputer yang berbeda-beda bisa jadi menjadikannya cepat rusak, setiap komputer terkadang memiliki sistem operasi yang berbeda-beda, setiap sistem operasi memiliki cara tersendiri untuk menangani mekanisme pembacaan hardisk, hal ini bisa menyebabkan bekerja tidak sebagaimana mestinya, atau mungkin menyebabkan hardisk tidak terdeteksi apalagi jika setiap komputer terinveksi virus hal ini menyebabkan hardisk ekternal anda penuh dengan virus, virus tidak baik untuk hardisk karena bisa membuat hardisk bekerja keras.

Ke empat, Sering memformat hardisk, media panyimpanan yang terdapat didalam hardisk terdiri dari jutaan block, block - block tersebut ada umurnya, jika hardisk terlalu sering di format maka usianya akan lebih pendek karena setiap blocknya akan berkurang masa pakainya.




0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer
© Cara Baru | Powered By Blogger