Cara terbaru
cara terbaru, tutorial, tips,komputer, service, gadged, handphone, internet, pulsa, bisnis, trading, forex,
Friday 8 September 2017

Memasang antena yagi di usb wifi receiver

Beberapa waktu lalu saya kepikiran untuk Memasang antena yagi di usb wifi receiver, hal ini karena di sekitar rumah saya terdapat hotspot wifi, tetapi jaraknya lumayan jauh dari rumah sekitar 70 meteran, bukan hotspot gratisan tetapi dari sekolah, di sekitar rumah saya ada 3 sekolah dan semuanya punya hotspot, belum lagi ada juga tetangga yang pasang jaringan internet dirumahnya yang menyediakan akses wifi.

Sinyal Wifi tersebut terdeteksi di laptop atau smartphone dengan menggunakan wifi bawaan gadget tersebut, namun sinyalnya sedikit sekali terkadang hilang terkadang muncul, saya coba iseng-iseng membobol salah satu wifi tersebut berbekal tutorial dari internet eh ternyata ada yang bisa, namun karena sinyalnya sangat sedikit sekali jadi koneksi tidak stabil dan sering putus-putus.

Kebetulan saya punya antena Yagi external yang dulu saya gunakan untuk memperkuat sinyal modem GSM saya, sekarang antena ini tidak difungsikan karena wilayah saya sudah tercover jaringan 4G jadi tidak terlalu butuh penguat sinyal, saya berfikir apa bisa ya antena tersebut saya gunakan untuk memperkuat penangkapan sinyal Wifi di sekitar rumah saya. banyak sekali pertimbangan saya, termasuk bagaimana cara memasang antena tersebut di USB Wifi adapter, apakah bisa berfungsi sesuai yang diharapkan, saya masih bingung karena kurang paham masalah teknis beginian, tapi klo belum dicoba kita tidak tahu.

Akhirnya saya nekat membeli adapter wifi, saya pilih yang kira-kira konektor antenaya pas dengan konektor antena Yagi milik saya, saya bandingkan beberapa merek, akhirnya pilihan jatuh ke salah satu merek, sebenarnya sih gak ada mereknya he he, gambarnya seperti dibawah ini :


Harganya sekitar 50 ribuan, belinya secara online, setelah barang datang langsung saya coba tancapkan di komputer saya eits..... ternyata tidak terdeteksi padahal kata yang jual ini barang Plug and Play jadi harus di instal dulu driver yang disediakan dalam bentuk Mini disk, setelah di instal drivernya baru device bisa terdeteksi oleh PC saya, saya gunakan dulu antena bawaannya, saya lihat kekuatan sinyal wifi yang ada di sekitar rumah, dan hasilnya tidak ada satu hotspot pun yang terdeteksi, saya pikir ini alat pasti rusak, lalu saya coba menggunakan hotspot dari smartphone saya dan ternyata terdeteksi, mungkin karena jaraknya cukup dekat. Jadi sebenarnya alatnya tidak rusak cuman kerana beberapa sebab sinyal wifi tidak bisa di deteksinya.

Saya sebenarnya tidak terlalu kaget dengan kemampuan alat ini, bukan berarti alatnya jelek tetapi memang kondisi rumah saya sangat tertutup hampir gak ada lubang, apalagi lokasinya di lantai bawah yang dinding dan plafonnya di cor semua, smartphone dan tablet saya juga demikian jika berada di lantai bawah sangat sedikit sekali sinyal yang bisa di tangkap makanya dulu saya beli antena Yagi ini.



Langkah berikutnya saya coba pasang antena Yagi di modem ini, saya ingin tahu efeknya seperti apa, antena yagi saya berada di lantai atas posisinya berada di luar rumah jadi sangat terbuka dan tidak ada penghalang antara rumah saya dengan posisi sekolah yang punya hotspot tadi, konektor antena dan konektor Wifi adaptor nya ternyata pas sekali,.. sipp..


Antena dan Wifi adaptor sudah terhubung dengan baik, saatnya melihat efeknya, wah ternyata seperti yang saya bayangkan sebelumnya, semua sinyal Wifi dari hotspot tertangkap dengan baik, sinyal sangat bagus. yesss. berikut penampakannya :


Lihat kekuatan sinyalnya sama semua padahal jaraknya cukup jauh juga, saya tidak tahu ini yang bagus Wifi Hotspotnya atau memang efek dari pemasangan antena di Wifi adaptor saya, ah sudahlah yang penting alatnya berfungsi sesuai yang saya harapkan saya juga tidak terlalu paham masalah teknis nya seperti apa, Saya tidak bertanggung jawab terhadap penyalah gunaan informasi ini, saya hanya menyajikannya untuk mengetes alat saya, jika digunakan untuk keperluan yang merugikan orang lain maka tanggung jawab berada pada diri anda sendiri.

Demikian pengalaman Memasang antena yagi di usb wifi receiver, use with your own risk, sharing ini tidak dimaksudkan untuk hal-hal yang negatip.




0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer
© Cara Baru | Powered By Blogger