Cara terbaru
cara terbaru, tutorial, tips,komputer, service, gadged, handphone, internet, pulsa, bisnis, trading, forex,
Wednesday 1 February 2017

Mengatasi printer Epson L210 blinking

Mengatasi printer Epson L210 blinking alias kedip-kedip, sebelum mencari solusinya terlebih dahulu pahami masalah yang sedang anda hadapi, ada beberapa jenis blinking atau kedip-kedip pada printer epson L210, tapi secara Garis besar ada tiga jenis blinking yaitu kedip-kedip bada bagian yang bergambar kertas, kedip-kedip pada tombol yang bergambar tinta dan kedip-kedip pada keduanya.

Nah setiap kedipan itu akan memunculkan alert tertentu, seperti dibawah ini,coba perhatikan :


Untuk setiap error ada keterangannya, untuk yang pertama itu minta reset ink level, yang kedua butuh perhatian khusus, yang ketiga ada kertas atau kotoran yang masuk di bagian roller printer.

solusi error printer epson l210 sesuaikan dengan errorya.

Untuk error dengan keterangan "It is time to reset the ink level" itu berarti printer perlu mengkalibrasi ulang sensor level tinta, keadaan ini biasanya disebabkan karena telat dalam mengisi tinta yang sudah habis, sehingga ada tabung yang tintanya sudah habis atau hampir kosong, tabung yang kosong ini ketika di isi tintanya tidak bisa langsung turun ke catridge perlu diwaktu, jika anda mengalaminya cara paling mudah mengatasinya adalah dengan membuka catridge dan memasangnya kembali kemudian tunggu hingga tinta tersedot jika masih blinking tekan tombol yang blinking kemudian tunggu beberapa saat.

Untuk error dengan keterangan " Service Required " ini agak sulit mengatasinya, keterangan tersebut mengandung beberapa arti, yang pertama biasanya printer perlu di reset ulang counternya, untuk ini memerlukan software resetter, anda bisa mencarinya secara online banyak sekali yang memberikan link untuk download software reseter tersebut.

Selain itu keterangan tersebut bisa juga mengindikasikan penggantian bantalan penyerap tinta, untuk itu anda bisa membuka bagian belakang printer anda disana anda bisa menemukan bantalan penyerap tinta, biasanya terdapat juga pipa pembuangan tintanya, jika kondisinya sudah sangat basah dan penuh dengan tinta, anda bisa menggantinya dengan yang baru atau bisa dengan mencuci bantalan lama kemudian dikeringkan sampai benar-benar kering dan kemudian pasang kembali. Kondisi bantalan yang sudah sangat basah itulah memicu sensor pada printer sehingga printer anda blinking. perlu di ingat, jika anda membuka body printer anda maka ada resiko yang anda hadapi yaitu segel garansi akan rusak ini berarti garansi printer anda otomatis tidak bisa di klaim.

Kemudian jika keterangannya "Paper Jam " itu mendakan ada benda asing yang masuk kedalam tempat masuknya kertas, mungkin potongan kertas, kerikirl kotoran cicak yang sudah kering dan sebagainya, periksalah feeder tempat memasukkan kertas, selain itu bisa juga disebabkan karena rollernya kotor atau banyak debu yang menempel.

Demikian tips Mengatasi printer Epson L210 blinking  Jika anda merasa cara tersebut diatas bisa anda lakukan sendiri maka tidak ada salahnya untuk mencobanya, namun jika anda ragu-ragu maka lebih baik dibawa ke teknisi yang sudah berpengalaman,


0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer
© Cara Baru | Powered By Blogger